BPBD Bintan Serahkan Bantuan Korban Pohon Tumbang di Desa Pangkil

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bintan langsung bergerak cepat tatkala mendapat informasi salah satu rumah di Desa Pangkil tertimpa pohon yang tumbang akibat angin kencang. Rumah tersebut milik H. Dahlan yang beralamatkan di RT/RW.001/001 Dusun I Desa Pangkil Kecamatan Teluk Bintan.
Kepala BPBD Bintan Ramlah usai melihat kondisi lapangan pada Kamis (21/07/2022) menyampaikan bahwa dirinya bersama rombongan akan sesegera mungkin melakukan aksi tindak lanjut terhadap kejadian ini.
“Hari ini kita antar langsung logistik yang dianggap perlu bersama Dinsos. Nanti PUPR juga akan menghitung kerugian materi yang ditimbulkan,” ungkap Ramlah.
Meskipun tidak terdapat korban jiwa, Ramlah mengatakan bahwa kewaspadaan terhadap bencana haruslah menjadi prioritas sejak dini. Hal ini dikarenakan segala musibah dan bencana memang di luar kehendak manusia.
“Semua di liar kehendak kita, akan tetapi kita patut waspada. Seperti kejadian ini, kita bisa lihat lebih awal ancaman dari kondisi sekitar, entah pohon yang sudah tua, atau lereng yang berpotensk amblas, kurang lebih seperti itu lah,” terangnya.
Dugaan sementara kerugian yang ditimbulkan mencapai Rp10 Juta untuk biaya rehab bangunan secara keseluruhan. Pemerintah Kabupaten Bintan juga mengapresiasi kesigapan masyarakat sekitar bersama beberapa perangkat Desa yang sangat cepat dalam merespon kejadian semacam ini.